peThewele

Tips: Merawat Tenda



Hanya sedikit perawatan yang dibutuhkan oleh tenda anda. Tenda yang berkualitas baik harusnya mampu memberikan masa kerja yang cukup panjang. Berikut cara merawatnya agar bisa lebih bertahan lama:


• Ketika akan mendirikan tenda, carilah lokasi yang mempunyai permukaan cukup datar dan bersih dari vegetasi, bersihkan dari ranting-ranting, batu-batu dan hal-hal yang menonjol yang bisa menusuk atau membuat lubang di lantai tenda.

• Jika tenda lantai tenda tidak terbuat dari terpal, selalu gunakan footprint (alas tenda tambahan). Merek merek tenda terkenal dewasa ini selalu menyertakan footprint untuk setiap produk tenda mereka, namun jika tidak maka bisa anda akali dengan membuat dari bahan waterproof seukuran lantai tenda atau bisa juga anda gunakan ponco. Footprint ini akan melindungi tenda dari abrasi, dan saat anda akan melipat tenda anda kembali, permukaan lantai bagian bawah tenda anda akan bersih dan memudahkan melipatnya. Jika tenda anda lantainya terbuat dari terpal maka footprint tidak anda butuhkan, hanya selalu bersihkan kotoran yang menempel di dasarnya sebelum melipatnya kembali.

Terkadang footprint mengakibatkan terkumpulnya air hujan antara lantai tenda dan footprint, berikut cara menghindarinya:

Gunakan footprint yang disesuaikan dengan dimensi lantai tenda. Jika menggunakan bahan yang tidak seukuran dengan lantai tenda sebagai footprint, maka akan ada kelebihan bahan. Selipkan kelebihan dari bahan tersebut di bawah tenda. Setiap bahan yang berlebih keluar dari lantai tenda akan berpotensi menangkap air saat hujan dan mengalirkannya di antara lantai tenda dan footprint.

Dirikan tenda anda dengan kencang dan gunakan tali tambat (guylines) untuk menjaga agar rainfly (flysheet) tegang dan jauh dari dasar dinding tenda yang bersentuhan dengan footprint. Jika flysheet melorot akan dapat membuka celah aliran air menyentuh dasar dinding tersebut dan mengalirkan air di antara lantai tenda dan footprint.

Kondensasi dapat terjadi antara lantai tenda dan footprint ini akan dengan mudah memberikan penampilan adanya kebocoran atau pergerakan air. Hal ini terjadi ketika tanah dalam keadaan dingin dan begitu juga dengan footprintnya.

Lantai tenda yang sedikit lebih hangat akan memungkinkan terjadinya sedikit iklim mikro dari perbedaan suhu yang terjadi diantara dua lapisan tersebut. Kelembaban yang tertahan oleh udara yang sedikit hangat di sekitar lantai tenda bisa menyebabkan terjadinya kondensasi pada footprint.
Hal yang sama juga terjadi dengan matrass dan lantai tenda yang dingin. Anda sering akan mendapatkan kondensasi di bawah matras yang muncul seolah-olah lantai tenda yang bocor, padahal tidak (kemungkinan besar). Hal ini lebih dimungkinkan karena kondensasi yang terjadi antara dua lapisan (matras yang hangat dan lantai tenda yang dingin) yang menyebabkan kelembaban tersebut.

• Jangan menyimpan peralatan yang kotor seperti sepatu yang penuh lumpur di dalam tenda, kompor dan peralatan masak. Tempatkan semuanya di ruang vestibule.
• Jika tenda anda model yang freestanding, angkat dan balikkan pintunya ke arah bawah agar sampah dan kotoran serta benda-benda kecil yang tajam bisa terbuang sebelum kembali mengepack nya kembali.
• Saat pembongkaran tenda, untuk frame tenda lipatlah dari tengah, bukan dari ujungnya. Hal ini meredakan ketegangan yang terjadi pada seluruh cord elastis frame saat dipacking.
• Bagaimana jika frame tenda patah? Hampir semua produsen tenda menyertakan repair kit dalam produknya tendanya. Salah satu item dari repair kit tersebut adalah pipa dengan diameter lebih besar sedikit dari ukuran frame tenda dan panjang kurang lebih 15cm. Pipa kecil ini berguna sebagai penyangga frame yang patah. Jangan pernah anda tinggalkan di rumah item kecil ini. Tidak ada salahnya juga anda tambahkan, di dalam repair kit tenda, lakban secukupnya yang bisa dipakai untuk memperkuat sambungan tenda yang patah.

Namun satu hal penting dalam perawatan tenda adalah jangan pernah membiarkan tenda terlipat dalam kantongnya dalam keadaan basah. Ini bisa membuat tenda berjamur dan akan menghancurkan lapisan tahan airnya. Saat menyimpan tenda di rumah keluarkan dari kantongnya dan pisahkan antara frame dan pasak nya juga lipat dan pisahkan tenda dan flysheet nya. Tempatkan dalam ruangan suhu kamar, hindari menyimpan tenda dalam ruangan yang panas.

Related product you might see:

Share this product :
 
Support : Creating Website
Copyright © 2015. Toko Online Peralatan Adventure - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger