peThewele

Yang Harus di Lakukan Jika Tersesat di Gunung


Ambil semua langkah untuk mencegah Anda menjadi tersesat.

Pelajarilah teknis navigasi darat (peta dan kompas). Sebelum anda mendaki gunung, pelajari gunung yang akan didaki baik dari peta dan catatancatatan perjalanan para pendaki yang sudah pernah kesana, agar anda bisa mengenal medan gunung yang akan anda daki, kenali akses masuk dan keluarnya, sungai, gununggunung disekitarnya serta bentukbentukan alam yang ada pada gunung tersebut.

Beritahukan detail rencana perjalanan pendakian anda pada keluarga dan teman. Saat anda mulai mendaki amati topografi dan bentukan alam di sekitar anda (pegunungan, kenali puncakpuncaknya, sungai, dll). Semua itu akan sangat membantu anda dalam bernavigasi dalam keadaan mendesak.

Selalu membawa peta dan kompas saat mendaki gunung. Saat anda tersesat, berhentilah, buka peta anda dan amati sekeliling anda untuk menemukan tandatanda alam yang bisa anda kenali. Sedikit orang yang benarbenartetap tersasar setelah dengan tenang mempelajari peta saat dia merasa kehilangan arah.

Untuk membantu mempermudah orientasi medan, anda mungkin ingin naik keatas punggungan bukit sehingga anda bisa dengan mudah memandang dan mengenali tandatanda alam yang seperti bukit, puncak-puncak, sungai  yang ada pada peta topografi anda. Tapi jangan sampai terlalu jauh melenceng dari rute asal anda, terlebih jika anda tidak memiliki peta. Jika anda telah memberi tahu keluarga atau temanteman pendaki gunung anda rencana rute pendakian anda, maka kedaerah itulah pasti tim SAR akan bergerak mencari Anda.

Jika anda terus tersasar, maka lakukan tahapan dasar dari survival yaitu S.T.O.P. (Stop/berhenti, Think/ berpikir, Observe/mengamati dan Plan/rencana). Cobalah untuk kembali ke lokasi terakhir ada tersasar atau lokasi terakhir yang anda kenali jika masih dalam jarak yang wajar. Putuskan tindakan yang akan dilakukan dan taatilah keputusan itu, yang paling penting adalah, jangan panik. Energi anda akan sangat dibutuhkan nantinya.

Jika Anda tidak dapat menemukan tanda‐tanda alam yang dikenali pada saat kembali ke lokasi awal tersasar, maka diam di sana, jika anda membawa peluit, tiuplah dengan interval waktu, untuk memberikan sinyal atau tanda pada pendaki lain yang mungkin kebetulan berada tidak jauh dari daerah tersebut sehingga bisa membantu Anda kembali ke rute pendakian yang benar.

Related product you might see:

Share this product :
 
Support : Creating Website
Copyright © 2015. Toko Online Peralatan Adventure - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger