Tips: Memilih Sepatu Hiking

Kaki bagi pendaki gunung adalah bagian yang paling penting untuk dijaga, agar perjalanan pendakian bisa dilewati dengan nyaman. Dewasa ini banyak para pendaki gunung di Indonesia mengenakan sandal saat mendaki gunung, padahal ini sangat berbahaya karena tidak melindungi kaki. Ada beberapa resiko kecelakaan yang menimpa para pendaki yang mengenakan sandal untuk mendaki seperti:
• Kuku jari atau jempol kaki yang terkelupas terantuk batu
• Jari kaki patah karena kejepit akar atau sela batu
• Luka karena batu atau akar pohon
• Keseleo pada persendian kaki, dan lainnya


Ada beragam alas an para pendaki gunung saat ditanya kenapa meggunakan sandal, yang terbanyak adalah karena pakai sepatu gunung suka lecet, sebenarnya hal itu tidaklah sepenuhnya benar, jika kita memilih sepatu boots hiking dengan benar maka lecet dan hal yang tidak mengenakan tersebut bisa di hindari. Sebelum anda memutuskan membeli sepasang sepatu boots hiking, pikirkan hal-hal dibawah ini terlebih dahulu:
• Sebelum anda mulai membeli sepasang sepatu boot hiking, pikirkanlah baik-baik tentang jenis hiking apa yang akan anda lakukan. Pilihlah sepatu hiking yang dirancang untuk memberikan dukungan dan perlindungan yang anda butuhkan untuk medan yang paling sulit yang akan anda hadapi nantinya.
• Pilihlah sepatu yang dirancang untuk mendukung beban yang akan anda bawa. Semakin berat beban anda, semakin lebih dukungan yang akan anda butuhkan.
• Ingat, bahwa sepatu hiking yang bagus tidaklah harus memiliki bobot yang berat. Bahan material berteknologi tinggi dewasa ini telah menggantikan peran batang logam tradisional dan elemen berat lainnya yang memberikan stabilitas pada sebuah sepatu boot., Sebagai hasilnya, sepatu hiking dewasa ini jauh lebih ringan dan tetap mampu memberikan perlindungan dan dukungan pada kaki.
• Pertimbangkan juga keuntungan dari sepatu yang berbahan kanvas dengan kulit ataupun berbahan kulit seluruhnya. Sepatu yang berbahan kanvas dan kulit lebih ringan tapi lebih mudah rusak juga., tapi sepatu yang berbahan kulit seluruhnya menawarkan perlindungan tambahan dan daya tahan yang kuat di medan yang berat, serta lebih tahan air dan bernafas.
• Dewasa ini Hiking Boots yang memiliki kualitas yang paling bagus termasuk diantaranya yang terbuat dari kain kanvas atau kulit, dibuat dengan lapisan Gore-tex ® yang membuat menahan air tapi mampu membuat  uap lengas kaki keluar. Itu merupakan nilai plus yang nyata saat anda berhadapan dengan genangan air atau aliran air sungai kecil yang harus dilewati 
Setelah anda memutuskan untuk membelinya maka saat memilih sepatu hiking tersebut jangan lupa tips-tips berikut ini:
• Belilah sepatu boots jangan sepatu yang lower cut atau yang model sepatu kets karena jika mengenakan sepatu lower cut persendian engkel anda tidak terjaga dari kemungkinan terkilir atau terluka tergoes batu. Sepatu boots akan melindungi kaki anda dari kemungkinan cedera diatas.
• Belilah sepatu boots hiking satu atau dua nomer diatas nomer kaki normal anda, jika kaki anda nomer 40 belilah nomer 42. Ini berguna untuk mencegah dari lecet dan kuku kaki cedera karena mentok dengan bagian ujung dalam sepatu.
• Cobalah sepasang sepatu tersebut terlebih dahulu, ikat tali sepatunya hingga kesemua lobal talinya, benarkan posisi lidah sepatunya. Sepasang boots yang akan kita kenakan harusnya berasa cocok dan nyaman, jarijari kaki juga bisa di goyang-goyangkan didalamnya.

Hampir semua sepatu boots hiking tidak langsung terasa nyaman saat pertama kali dikenakan seperti halnya sepatu sniker. Namun sepatu boot akan pas melindungi sekitar pergelangan kaki dan punggung kaki.

• Saat mencoba sepatu boots, Cobalah dengan memakainya berjalan menuruni lereng. Kaki anda hendaknya tidak tergeser kedepan atau kuku kaki anda tidak tertumbuk kebagian depan dalam boot. Jika kaki anda bergeser kedepan itu bisa jadi karena sepatu boots nya terlalu lebar, jika bagian belakang tumit anda longgar, itu bisa mungkin karena sepatu boots anda talinya tidak terikat kencang.
• Saat mencoba sepatu boot, pakailah koas kaki yang nantinya akan anda pakai saat mendaki. Kami menyarankan untuk menggunakan dua lapis kaos kaki. Yang lapisan pertama berupa kaos kaki polyester tipis yang bisa membuang kelembaban, serta sepasang kaos kaki wool tebal untuk bagian luarnya. Dewasa ini ada juga kaos kaki sintetis yang memang didisain untuk setiap jenis kegiatan mendaki gunung dan hiking.
• Setelah anda membeli sepasang sepatu boots, lemaskanlah sepatu tersebut secara perlahan dengan cara mengenakannya untuk perjalanan hiking yang pendek, atau kenakan untuk berjalan-jalan disekitar blok tempat kediaman anda paling tidak 30 menit setiap harinya. Terlebih bagian sepatu yang terbuat dari kulit, akan butuh waktu untuk jadi lemas.Jadi pakailah biasakan kaki anda terlebih duhulu dan juga agar kulitnya menjadi lebih lemas.

Dengan menerapkan tips-tips diatas kemungkinan sepatu boots hiking anda akan menyakiti kaki anda akan sangat kecil. Jadi mari kenakan seaptu saat anda mendaki gunung, tinggal kan sandal, karena sandal bukanlah perlengkapan standar untuk di pakai mendai gunung.

Related product you might see:

Share this product :
 
Support : Creating Website
Copyright © 2011. Toko Online Peralatan Adventure / Outdoor Gear Shop - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger