peThewele

Memilih Lokasi Membuat Bivak


Sebelum Anda dihadapkan pada situasi survival yang mengharuskan anda untuk berimprovisasi membangun tempat perlindungan atau bivak alam di alam bebas, pastikan terlebih dahulu Anda untuk berlatih membangun berbagai jenis bivak alam, sehingga Anda akan siap bila keadaan darurat tersebut muncul dihadapan Anda. Jenis bivak alam yang bisa Anda bangun akan sangat tergantung pada peralatan yang Anda bawa, dan pada medan dan iklim dimana anda berada. Namun, ada pedoman umum yang dapat diterapkan untuk setiap situasi di alam bebas. 

Mengetahui teknik untuk membuat tempat berlindung sederhana dari cuaca dan angin adalah bagian yang penting dari kelangsungan hidup Anda di alam bebas. Membangun bivak alam untuk bertahan hidup adalah prioritas yang mutlak saat Anda menghadapi situasi survival di alam bebas dengan cuaca yang tidak bisa diperkirakan. Sebuah tempat perlindungan yang baik harus mampu melindungi Anda dari cuaca dan cukup nyaman untuk beristirahat dan tidur. Tanpa adanya perlindungan dari cuaca yang dingin dan buruk, kebanyakan orang tidak akan dapat bertahan hidup lama, hanya dalam kurun waktu yang tak lebih dari beberapa jam.


Sebelum memulai membangun sebuah bivak alam perhatikan beberapa hal berikut ini:
• Jika bisa pilihlah permukaan tanah yang kering, serta berdrainase baik dan cukup datar.
• Pilihlah lokasi yang berjarak cukup nyaman untuk lokasi air dan memiliki persediaan kayu bakar.
• Pilihlah lokasi yang memiliki bahan material untuk membangun bivak alam Anda
• Pilihlah lokasi yang memberikan perlindungan terhadap angin kencang.
• Jika situasi anda dalam keadaan tersesat atau hilang dan orang-orang mungkin sedang mencari Anda, pastikan bivak alam yang Anda bangun gampang terlihat dan ditemukan.

Lokasi bivak alam yang tidak cocok:
• Lokasi yang terlalu dekat dengan sumber air, ini mungkin akan membuat Anda menjadi bermasalah dengan serangga yang umumnya banyak terdapat didekat sumber air.
• Dipinggir sungai merupakan ancaman yang konstan untuk keselamatan. Jika hujan lebat di perbukitan dekat hulu sungai, akan dengan mudah menyebabkan terjadinya banjir bandang. Hindari dasar sungai kering.
• Hindari lokasi yang berbatuan longgar, pohon mati atau tumbuhan yang berpotensi jatuh menimpa tempat perlindungan atau bivak Anda.
• Hindari lokasi tanah yang rendah, seperti jurang dan lembah sempit, karena kemungkinan akan lembab dan selain itu daerah ini mengumpulkan udara dingin di malam hari dan akan lebih dingin dari pada punggungan yang lebih tinggi di sekitarnya. Di sisi lain, puncak-puncak gunung juga terbuka terhadap kemungkinan terkena angin karena posisinya lebih tinggi. Daerah terbaik untuk mencari perlindungan adalah diantara kedua posisi tersebut.

Carilah formasi alam yang dapat memberikan tempat berlindung untuk mendirikan bivak. Contohnya termasuk gua, celah-celah batu dan pohon-pohon besar yang menggantung rendah atau sudah rubuh. Tapi terlebih dahulu pastikan tempat-tempat tersebut tidak mendatangkan bahaya kepada Anda, cek terlebih dahulu goa-goa akan kemungkinan dihuni oleh binatang dan pastikan dalam keadaan aman untuk anda tempati. Jika tidak ada pembentukan alami yang tersedia untuk dijadikan tempat berlindung, Anda akan perlu untuk membangunnya sendiri. Bangunlah bivak alam Anda cukup besar untuk mengakomodasi Anda, terutama sekali di daerah pegunungan yang beriklim dingin, jangan terlalu besar karena anda harus menghangatkannya untuk ditempati.

Related product you might see:

Share this product :
 
Support : Creating Website
Copyright © 2015. Toko Online Peralatan Adventure - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger